Saturday 21 December 2013


Judul  : Fiqh Munakahat I Bimbingan Perkawinan dan Manajemen Rumah Tangga
Pengarang  : Drs. Wazin, MSI
Penerbit  : IAIN “SMH” Banten
Tahun terbit  : 2011
Tebal halaman : 155 Halaman
Ukuran buku  : 22,5 x 16 cm

Fiqh Munakahat 1, Bimbingan Perkawinan dan Manajemen Rumah Tangga

 Ini adalah buku yang menyajikan secara komprehensif beberapa aspek perkawinan. Secara sistematis Buku ini menjelaskan aspek-aspek perkawinan secara lebih detail dalam setiap babnya.
            Pada penjelasan awal  terlebih dahulu dijelaskan tentang konsep bimbingan perkawinan Islam yang menguraikan ke arah mana perkawinan diarahkan, beberapa hal yang mempengaruhi dinamika perkawinan dan bagaimana metode menyelesaikan konflik dalam rumah tangga. Penjelasan selanjutnya kesiapan perkawinan dalam Islam yang mencakup kesiapan fisik, psikis dan sosial ekonomi dan yang mencakup aspek kognitif seperti pemahaman tentang konsep perkawinan Islam, pemahaman tentang hukum Islam dan hal-hal yang perlu diketahui tentang bagaimana Islam mengatasi perkawinan bermasalah.
            Masalah seks dan pembagian peran dalam perkawinan dibahas dalam satu bab khusus yang diakhiri dengan penjelasan tentang pendidikan dalam keluarga.
            Aspek-aspek dinamis dalam keluarga memiliki 2 aspek yaitu proses penyesuaian dalam perkawinan dan kesepakatan-kesepakatan dalam keluarga. Secara umum bab ini menjelaskan bahwa keluarga adalah sebuah kelompok dinamis yang terdiri dari individu-individu yang unik dan berkembang dan sangat responsif terhadap perkembangan dunia luar. Dinamika ini sebaiknya dicermati oleh setiap pasangan sehingga selalu mengadakan penyesuaian terus menerus. Selain itu kesepakatan-kesepakatn perlu dirumuskan sehingga setiap pasangan dan keluarga akan memahami mana keinginan pribadi dan kepentingan keluarga.
            Di akhir pembahasan, penjelasan tentang keluarga Islam dilihat dalam perspektif sistem masyarakat, yaitu bahwa keluarga Islam berada pada konstelasi masyarakat yang majemuk dan bagaimana hal ini dapat dicermati oleh setiap keluarga Islam dengan melakukan langkah antisipastif dan konstruktif.
            Buku ini berusaha menyajikan gambaran rumah tangga Islam dalam perspektif hukum, psikologis dan sosiologis. Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi mahasiswa, konsultan perkawinan dan masyarakat umum karena dibahas dalam bahasa yang lebih polpuler tanpa meninggalkan kaidah ilmiah.


No comments:

Post a Comment