Saturday 21 December 2013


Judul  : Etika Bisnis Islam
Pengarang  : Drs. Wazin, MSI
Penerbit  : Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M IAIN “SMH” Banten
Tahun terbit  : 2013
Tebal halaman : 234 Halaman
Ukuran buku  : 24,6 x 16 cm

Etika Bisnis Islam merupakan  buku yang pada pokoknya membahas pengkarakteran wirausaha muslim. Buku ini berusaha menggambarkan bagaimana seharusnya menjadi wirausaha yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Utamanya dalam buku ini bukanlah membahas aspek hukum bisnis  (fiqh muamalah) tetapi membahas tentang akhlak Islam dalam binis. Jadi buku ini ada pada tataran akhlak bukan pada tataran syari’ah. Bagaimanapun buku ini ditulis dalam perspektif akhlak, bukan pada perspektif syari’ah, tetapi kedua unsur ini seringkali bertemu pada satu titik pembahasan.  Karena itu terdapat satu Bab khusus yang membahas tentang relevansi antara etika bisnis dengan hukum bisnis.
Dalam penjelasan sebelumnya telah disinggung, bahwa istilah etika sebenarnya merupakan istilah yang banyak digunakan dalam dunia keilmuan Barat. Bagaimana pengistilahan ini kemudian diadopsi oleh keilmuan Islam, pun merupakan satu fenomena tersendiri. Karena itu perlu juga dijelaskan dalam satu Bab khusus letak relevansi antara istilah etika dengan istilah akhlak.
Disiplin ilmu dalam Islam, apakakah itu ilmu sosial, politik maupun hukum, bersumber dari paham teologis Islam. Paham teologis Islam yang mendasar adalah konsep Akidah. Akidah adalah percaya pada Allah dan hanya Allah satu-satunya yang patut disembah. Karena itu secara konseptual semua sikap dan perilaku muslim diorientasikan pada penyembahan kepada Allah, dan oleh karena itu semua bentuk kegiatan manusia Islam adalah sebuah peribadatan. Salah satu Bab dalam buku ini akan membahas pula kaitan antara akidah dengan bisnis Islam, sehingga wirausaha muslim mengetahui bagaimana implementasi akidah dalam dunia bisnis.   
Kontrak bisnis merupakan salah satu bentuk hubungan antar manusia (hablumminannas) dalam rangka memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, etika bisnis Islam didasarkan pada seperangkat konsep-konsep kemanusiaan menurut Islam. Pemahaman Islam terhadap kemanusiaan ini diikuti pula dengan konsep keseimbangan antara kebutuhan spiritual dan material manusia, dan  keseimbangan antara orientasi keduniawian dengan keakhiratan. Integrasi dan harmonisasi antar unsur dalam masyarakat dipengaruhi oleh bagaimana sistem dan interaksi dalam masyarakat tersebut memenuhi rasa keadilan setiap orang. Etika bisnis Islam mengupas bagaimana keadilan dalam bisnis seharusnya ditegakkan agar tercipta integrasi dan harmonisasi dalam masyarakat sehingga mengarah pada kesejahteraan bersama.
Pembahasan selanjutnya dalam buku ini adalah bagaimana konsep-konsep bisnis Islam yang bersifat kemanusiaan, berkeseimbangan dan berkeadilan ini diimplentasikan dalam bidang produksi, konsumsi dan sirkulasi. Bentuk implementasi yang jelas dan dapat dipelajari secara langsung oleh para pebisnis muslim adalah kisah-kisah teladan dalam kontrak jual beli. Kisah-kisah teladan ini sengaja dituliskan dalam buku ini untuk menunjukkan bukti sejarah yang lebih konkrit tentang implementasi etika dalam kontrak bisnis, khususnya tentang jual beli.


No comments:

Post a Comment