Judul : Etika Bisnis Islam
Pengarang : Drs. Wazin, MSI
Penerbit : Pusat Penelitian dan Penerbitan
LP2M IAIN “SMH” Banten
Tahun terbit : 2013
Tebal halaman : 234 Halaman
Ukuran buku : 24,6 x 16 cm
Etika Bisnis Islam merupakan
buku yang pada pokoknya membahas
pengkarakteran wirausaha muslim. Buku ini berusaha menggambarkan bagaimana
seharusnya menjadi wirausaha yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Utamanya
dalam buku ini bukanlah membahas aspek hukum bisnis (fiqh muamalah) tetapi membahas tentang
akhlak Islam dalam binis. Jadi buku ini ada pada tataran akhlak bukan pada
tataran syari’ah. Bagaimanapun buku ini ditulis dalam perspektif akhlak, bukan
pada perspektif syari’ah, tetapi kedua unsur ini seringkali bertemu pada satu
titik pembahasan. Karena itu terdapat
satu Bab khusus yang membahas tentang relevansi antara etika bisnis dengan
hukum bisnis.
Dalam penjelasan sebelumnya telah disinggung, bahwa
istilah etika sebenarnya merupakan istilah yang banyak digunakan dalam dunia
keilmuan Barat. Bagaimana pengistilahan ini kemudian diadopsi oleh keilmuan
Islam, pun merupakan satu fenomena tersendiri. Karena itu perlu juga dijelaskan
dalam satu Bab khusus letak relevansi antara istilah etika dengan istilah
akhlak.
Disiplin ilmu dalam Islam, apakakah itu ilmu sosial,
politik maupun hukum, bersumber dari paham teologis Islam. Paham teologis Islam
yang mendasar adalah konsep Akidah. Akidah adalah percaya pada Allah dan hanya
Allah satu-satunya yang patut disembah. Karena itu secara konseptual semua sikap
dan perilaku muslim diorientasikan pada penyembahan kepada Allah, dan oleh
karena itu semua bentuk kegiatan manusia Islam adalah sebuah peribadatan. Salah
satu Bab dalam buku ini akan membahas pula kaitan antara akidah dengan bisnis
Islam, sehingga wirausaha muslim mengetahui bagaimana implementasi akidah dalam
dunia bisnis.
Kontrak bisnis merupakan salah satu bentuk hubungan
antar manusia (hablumminannas) dalam rangka memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu,
etika bisnis Islam didasarkan pada seperangkat konsep-konsep kemanusiaan
menurut Islam. Pemahaman Islam terhadap kemanusiaan ini diikuti pula dengan
konsep keseimbangan antara kebutuhan spiritual dan material manusia, dan keseimbangan antara orientasi keduniawian
dengan keakhiratan. Integrasi dan harmonisasi antar unsur dalam masyarakat
dipengaruhi oleh bagaimana sistem dan interaksi dalam masyarakat tersebut
memenuhi rasa keadilan setiap orang. Etika bisnis Islam mengupas bagaimana
keadilan dalam bisnis seharusnya ditegakkan agar tercipta integrasi dan
harmonisasi dalam masyarakat sehingga mengarah pada kesejahteraan bersama.
Pembahasan selanjutnya dalam buku ini adalah bagaimana
konsep-konsep bisnis Islam yang bersifat kemanusiaan, berkeseimbangan dan
berkeadilan ini diimplentasikan dalam bidang produksi, konsumsi dan sirkulasi.
Bentuk implementasi yang jelas dan dapat dipelajari secara langsung oleh para
pebisnis muslim adalah kisah-kisah teladan dalam kontrak jual beli. Kisah-kisah
teladan ini sengaja dituliskan dalam buku ini untuk menunjukkan bukti sejarah
yang lebih konkrit tentang implementasi etika dalam kontrak bisnis, khususnya
tentang jual beli.
No comments:
Post a Comment